IBX582A8B4EDEABB Jenis Gitar Akustik dan Elektrik Beserta Harganya | Info Absurditas Kata Jenis Gitar Akustik dan Elektrik Beserta Harganya - Info Absurditas Kata
Beranda · E-Mail Koran · Info Lomba · Kiat Menulis · Adsense · SEO Youtube · Jasa · Toko · Blog

Jenis Gitar Akustik dan Elektrik Beserta Harganya

Gitar merupakan salah satu jenis alat musik yang disukai oleh banyak orang. Alat musik genjreng ini mudah untuk dimainkan. Meskipun beberapa orang bilang sulit untuk mempelajarinya, namun kenyataannya dengan berlatih sedikit saja mereka akan segera bisa bermain gitar.

Nah, ternyata ada banyak sekali jenis gitar lho. Anda mungkin akan sering melihat banyak musisi dan penyanyi terkenal yang membawa gitar dalam bentuk yang berbeda-beda bukan?

Ini dikarenakan memang terdapat banyak sekali jenis dari alat musik gitar. Ada beberapa gitar yang menggunakan sinar, ada yang memiliki jarang senar, dan ada pula gitar elektrik. Ini tergantung dari kemampuan yang ingin didapatkan oleh penggunanya. 

Jenis Gitar Akustik/Elektrik Beserta Harganya


Nah, apakah Anda merupakan orang yang senang bermain gitar? Maka, cari tahu yuk jenis gitar yang paling menarik dan paling baru di era yang sangat modern ini.

Jenis-Jenis Gitar
Ketika Anda ingin membeli gitar, maka mengetahui tentang beraneka macam gitar merupakan hal yang penting. Dengan demikian, Anda tidak akan salah ketika membeli. 

Akan sangat disayangkan jika Anda membeli gitar yang salah atau tidak sesuai. Bukan tidak jadi gitar itu kemudian tidak dapat dimainkan karena tidak sesuai dengan gitar yang Anda inginkan. Ada banyak sekali macam gitar yang ada di era sekarang. Apa sajakah itu?

Gitar Akustik
Jenis Gitar pertama yang perlu Anda ketahui adalah jenis gitar akustik. Gitar ini merupakan salah satu gitar yang sering digunakan oleh banyak orang. Nah, gitar akustik pun ternyata masih dibedakan menjadi beberapa macam. 

Terdapat gitar akustik yang menggunakan senar dari nilon dan gitar akustik yang menggunakan senar dari kawat atau string. Namun pada umumnya, gitar akustik memiliki bagian yang sama. Perbedaannya terdapat pada jenis headnya.

Gitar akustik dengan menggunakan senar nilon pada umumnya digunakan oleh para guitarist yang membawakan lagu klasikal. Sedangkan untuk yang menggunakan string sering digunakan oleh mereka yang memiliki fingerstyle ketika sedang membawakan gitarnya. Banyak merk terkenal dari gitar akustik seperti gitar akustik Yamaha. Anda bisa membelinya mulai dari harga 1 juta ke atas.

Gitar Elektrik
Jenis Gitar kedua yang bisa menjadi pilihan Anda adalah gitar elektrik. Ada gitar akustik dan ada pula jenis gitar elektrik. Gitar elektrik merupakan jenis gitar yang memiliki sarana pendukung lainnya. 

Ketika Anda menggunakan gitar akustik, maka sound system tidak perlu Anda gunakan. Namun berbeda dengan gitar elektrik, sound system merupakan perangkat yang sangat mempengaruhi bunyi dari gitar tersebut.

Dengan menggunakan sound system yang jelas, maka jenis gitar ini pun bisa berbunyi dengan lebih jelas. Material yang digunakan untuk membuat gitar elektrik adalah kayu solid. Ini telah dipasang dengan menggunakan pick up. 

Dengan demikian, gitar ini bisa menangkap suara dengan jelas. Gitar elektrik seringkali digunakan oleh para pemain band. Namun ada pula penyanyi solo yang menggunakan jenis gitar ini.

Perbedaan Gitar Akustik dan Gitar Elektrik
Setelah mengetahui tentang kedua jenis gitar diatas, maka Anda pun telah mendapatkan kesimpulan. Anda bisa memilih jenis gitar yang sesuai dengan kemampuan Anda dalam memainkannya. Selain itu, kedua gitar diatas memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan. 

Nah, apa sajakah perbedaan yang paling mencolok dari gitar akustik dan gitar listrik? Berikut beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui.

Harga Gitar
  • Harga gitar akustik dan gitar elektrik tentu saja berbeda. Karena gitar elektrik memiliki komponen atau perangkat yang lebih kompleks, maka harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan dengan gitar akustik. Nah, bagi Anda yang masih pemula dalam bermain gitar, gitar akustik lebih direkomendasikan.
Bobot Gitar
  • Karena terbuat dari kayu jati bahkan dari kaca, maka jenis gitar elektrik memiliki berat yang lebih dibandingkan dengan gitar akustik yang terbuat dari kayu biasa. Terlebih lagi, di dalam gitar elektrik pun terdapat komponen yang berhubungan dengan kelistrikan yang akan membuatnya menjadi lebih berat.
Gaya gitar
  • Penggunaan gitar akustik dari waktu ke waktu tidak mengalami perubahan dalam bentuk maupun suara. Penggunaan gitar akustik yang portable dan tidak mengalami perubahan yang signifikan ini memang nyatanya cocok digunakan untuk pemula. Namun, untuk gaya gitar elektrik memang terbilang lebih keren dan elegan.
Ukuran Gitar
  • Ukuran jenis gitar akustik lebih besar dibandingkan dengan ukuran gitar elektrik yang lebih terkesan ramping. Pilihan gitar elektrik pun lebih bervariasi.
Suara gitar
  • Nah, suara dari gitar juga merupakan salah satu hal yang penting untuk Anda pertimbangkan. Untuk gitar bergaya akustik memiliki karakter suara gitar yang lebih lembut jika dibandingkan dengan gitar elektrik. Jadi, jangan sampai salah pilih gitar agar tidak mendapatkan karakter suara yang salah ya.
Teknologi yang digunakan
  • Teknologi yang digunakan oleh jenis gitar elektrik tentu saja lebih modern dibandingkan dengan gitar akustik. Untuk menggunakan gitar elektrik, Anda hanya tinggal memasang kabel dan otomatis terkoneksi dengan amplifier. Namun untuk penggunaan gitar akustik, Anda harus menggunakan tambahan mix dan diarahkan ke gitar untuk mengeraskan suaranya.
Harga Gitar Akustik dan Elektrik
Itulah beberapa perbedaan yang signifikan antara gitar akustik dan gitar elektrik. Nah, apakah Anda sudah tahu jenis gitar manakah yang akan Anda pilih? Pilihlah jenis gitar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika itu hanyalah hobi, maka memilih gitar akustik pun tidak jadi masalah. Lalu, berapakah harga gitar akustik dan gitar elektrik?

Harga Gitar Akustik
Jenis Gitar seperti yang telah dikatakan diatas memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan gitar elektrik. 

Jenis Gitar Akustik dan Elektrik Beserta Harganya

Dari merk Yamaha tipe F-310, Anda bisa mendapatkan gitar akustik dengan harga 1,2 jutaan saja, atau, Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah dengan memilih Yamaha gitar klasik GL1 dengan harga kurang dari 1 jutaan saja. Banyak tipe yang bisa Anda pilih.

Jenis Gitar Akustik dan Elektrik Beserta Harganya

Harga Gitar Elektrik
Jenis gitar elektrik memang memiliki harga yang jauh lebih mahal. Contohnya saja, Anda bisa mendapatkan gitar elektrik Cort mr600F-NAT dengan harga 3.6 jutaan. 

Jenis Gitar Akustik dan Elektrik Beserta Harganya

Anda juga bisa memilih produk IBANEZ GIO Gitar elektrik dengan tipe GSA60BKN yang dijual dengan harga 3,4 jutaan. Banyak variasi harga gitar elektrik mulai dari 2 jutaan. Nah, gitar elektrik manakah yang paling Anda sukai?

Jenis Gitar Akustik dan Elektrik Beserta Harganya

Itulah beberapa harga gitar akustik dan elektrik yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda. Pastikan dahulu jenis gitar yang ingin Anda gunakan sebelum memutuskan untuk membelinya. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan gitar yang sesuai dengan harapan Anda. 

Sekian informasi mengenai macam-macam gitar serta harganya yang paling baru dan terlengkap. Selamat memilih gitar yang sesuai dan semoga Anda mendapatkan gitar terbaik sesuai dengan keinginan Anda.

Referensi

Sumber gambar Yamaha F-310
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2dL5348SFjCOFnx6Sa1AeuJbxWwbiIHfPYSGOrKIKh489b2PnVh2HmWXU652gfIh-VLsIxBQoeDff6zVKT-uoCj6SHKWXR_t6ktMydCH_AoQFoY3xW_pZ-N-uo8fs0oIYLMXV1qnIxZM/s1600/Harga+Gitar+Yamaha+F310+dan+Kelebihan+Kekurangannya.jpg

Sumber gambar Yamaha GL-1
http://store.im-musicsolution.com/assets/Uploads/1FullStraightFrontNA-fc5a4e1e3b4114aebc73f09d1fb76e42.jpg

Sumber gambar Cort mr600F-NAT
http://www.cortguitars.com//uFiles//product/150/model/MR600F.png

Sumber gambar Ibanez Gio GSA60BKN
https://vignette4.wikia.nocookie.net/ibanez/images/3/3e/GSA60_BKN.jpg/revision/latest?cb=20081214164324

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Jenis Gitar Akustik dan Elektrik Beserta Harganya"

Post a Comment

Berkomentar memakai akun Blogger akan lebih cepat ditanggapi, berkomentar memakai akun Facebook tergantung radar :D Terima kasih telah berkomentar